Jumat, 08 Juni 2018 - 09:03:41 WIB
Jaga Stabilitas Harga Sembako, Personil Gabungan Sidak ke Pasar Banjar
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 52 kali

Banjar - Guna memastikan harga dan persedian Sembilan bahan pokok (Sembako) tetap stabil, Polres Banjar bersama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DISKUKMP) kota Banjar dan unsur TNI serta didampingi unsur Bhayangkari melakukan pengecekan harga Sembako di pasar kota Banjar. Kamis (7 Juni 2018).

Personil gabungan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Banjar, AKBP Matrius, S.IK., M.H., bersama seluruh jajaran kepolisian termasuk Bhayangkari dan didampingi oleh Kabid Perdagangan, Mamat Rohmat serta unsur TNI.

Kegiatan tersebut difokuskan untuk mengecek harga dan persidiaan Sembako untuk sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri. Sidak yang diawali ke toko penjual cabai dan berakhir di toko swalayan untuk mengecek kelayakan makanan kalengan, seperti pengecekan tanggal kadarluasa dan kualitas kemasan.

"Setelah pengecekan di Pasar kota Banjar, harga masih stabil belom ada kenaikan harga yang signifikan dan suplai barangpun masih tersedia banyak, selain itu juga kita lakukan uji petik atau pengambilan sampel berkenaan dengan barang barang yang diduga atau ditakutkan kadarluasa masih diperjual belikan atau diperdagangkan," tutur Kapolres Banjar, AKBP Matrius saat diwawancarai usai sidak.

Menurutnya, hasil uji petik kita dari barang barang terutama produk barang kalengan ataupun makanan instan belum ditemukan adanya makanan ataupun minuman kadarluasa yang kita khawatirkan masih diperjual belikan dan mengganggu kesehatan masyarakat.

Matrius menuturkan, sampai saat ini ada tiga hal yang perlu kita ingat. Pertama itu suplai barang masih lancar, persediaan masih cukup sampai dengan setelah lebaran. Kedua harga relatif stabil, beberapa minggu yang lalu sampai dengan saat ini dan diperkirakan mendekati lebaran maupun pada saat lebaran pun masih stabil. Ketiga berkaitan dengan lonjakan daya beli masyarakat, memang ada komoditi bahan pokok yang mengalami peningkatan terutama bahan pokok yang termasuk dalam sembilan bahan pokok seperti, beras, daging, minyak, terigu dan sejenisnya. Ini akan dilakukan pengecekan terus sampai dengan hari H idul fitri.

"Harapan kami tentunya, kegiatan ibadah puasa dari masyarakat banjar itu sendiri bisa berjalan lancar dengan harga harga yang stabil, stok barang yang banyak dan masyarakat Banjar bisa menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan aman dan nyaman tidak ada kekhawatiran berkaitan dengan harga harga yang naik," terangnya.//yuli.