Senin, 21 Mei 2018 - 13:51:51 WIB
Pemusnahan Miras, Ratusan Botol Dilindas Habis
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 56 kali

Banjar - Ratusan botol minuman keras (Miras) ilegal dari berbagai merek dan Miras oplosan dimusnahkan jajaran Kepolisian Resor (Polres) Banjar, Polda Jabar di Taman Kota Lapang Bhakti, kota Banjar, Jawa Barat, Senin (21 Mei 2018).

Miras miras tersebut merupakan hasil Operasi Penanggulangan Penyakit Masyarakat (Pekat) Lodaya 2018 yang dilakukan oleh jajaran Polres Banjar selama bulan ramadhan.

"Selain miras, Sat Narkoba Polres Banjar juga dimusnahkan obat obatan berbagai jenis dan merek yang tidak memenuhi standar keamanan dan mutu yang disita dari sejumlah pasar, warung dan swalayan. Miras oplosan yang dimusnahkan berupa 520 liter jenis tuak dan 280 liter jenis ciu," tutur Kapolres Banjar, AKBP Matrius usai acara.

Dijelaskan Matrius, botol miras bersama tuak dan ciu dimusnahkan dengan cara dilindas dengan Double Drum Roller sementara itu, obat obatan terlarang dimusnahkan dengan cara dibakar. Pemusnahan tersebut disaksikan Pemkot Banjar, Anggota DPRD, TNI, Lurah, Camat dan PNS dari berbagai instansi serta puluhan pelajar.

"Barang barang yang mereka musnahkan ini merupakan hasil sitaan dari operasi Pekat Lodaya 2018 yang berlangsung selama 10 hari kemarin," jelas Matrius.

Matrius berharap pemusnahan miras, obat-obat terlarang yang disita dari berbagai warung dan swalayan ini, tidak lagi digunakan atau dikonsumsi karena membahayakan kesehatan.

Lebih lanjut AKBP Matrius menegaskan, polisi akan terus melakukan razia dan memantau warung warung yang diduga tempat penjualan miras untuk mencegah peredaran miras, serta obat obatan terlarang yang bisa memicu gangguan kamtibmas terutama selama Ramadhan.//Yuli.