Kamis, 11 Agustus 2011 - 12:02:44 WIB
66 Tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia
Diposting oleh : Suparjo
Kategori: Terawang - Dibaca: 329 kali

 

Detik-detik menjelang usianya yang ke 66 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tepatnya 17 Agustus 2011, menginjak usia yang tidak lagi muda untuk ukuran manusia. Namun, entah untuk ukuran negara apakah usia itu sudah terbilang dewasa? Tentunya hanya Tuhan yang tahu berapa panjang usia NKRI.

Bangunan besar yang terbentuk dari cita-cita rakyat Indonesia waktu itu, untuk suatu kemerdekaan dengan pertaruhan jiwa raga, harta benda, dan segalanya yang tentunya sangat berharga, demi satu harapan agar anak cucunya kelak dapat mengenyam hasil perjuangan yaitu kemerdekaan. Melalui Proklamasi kemerdekaan oleh Ir Soekarno dan Mohammad Hatta, bangsa ini mulai menunjukan jatidiri dan keberadaannya di bumi Nusantara kepada dunia Internasional.

Menurut Ki Jongko. Ada tiga hal yang dapat memanjangkan umur sebuah negeri :
1.Jiwa patriotisme dan nasionalisme generasi mudanya.
2.Kejujuran para pemimpinnya.
3.Persatuan dan kesatuan seluruh rakyatnya.
Ketiga hal tersebut diatas merupakan modal berdirinya sebuah negara, sehingga hal serupalah yang memanjangkan umurnya.

Menanggapi situasi politik saat ini, Ki Jongko hanya berpesan, "Runtuhnya partai politik besar atau bahkan partai penguasa sekalipun, tidak akan mempengaruhi tegaknya NKRI, karena negeri ini bukan bangunan partai politik." Tegasnya.

"NKRI adalah bangunan dengan pondasi para leluhur yang telah mengukir kemerdekaan atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Dengan kata lain, Atining Sejati yang menjadi pakubuminya dan PANCASILA sebagai dasar negaranya." Demikian Ki Jongko. //suparjo