Kamis, 19 April 2018 - 08:50:22 WIB
Dinas P dan K Cilacap Adakan Bimtek Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 328 kali

Cilacap - Dinas P dan K Cilacap melalui Bidang Paud dan Dikmas mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) penyelenggaraan pendidikan keluarga selama 4 hari, Rabu hingga Sabtu (18-21 April 2018) di Fave Hotel Cilacap.

Bimtek tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemendikbud dengan Dinas P dan K Cilacap tahun 2018.

Narasumber dan Fasilitator yang dihadirkan diantaranya DR Sugianto, Kristine, SE, MPd dan Heru Gunawan SE dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemendikbud,  Dra Sri Harsini, Siti Marjuni, dan Eko Wiwit.

Kegiatan Bimtek dibuka langsung oleh Kepala Dinas P dan K Cilacap, Warsono dan diikuti 50 peserta yang teridiri dari kepala sekolah,pengawas sekolah, penilik sekolah komite sekolah, IGTKI dan Himpaudi.

Saat ditemui usai membuka Bimtek,Kepala Dinas P dan K Cilacap, Warsono menuturkan kegiatan bimtek yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemendikbud sangat diperlukan sekali.

“Kegiatan ini, untuk mempersiapkan kader-kader yang bisa memberikan pencerahan secara lebih sistematis tentang penyelenggaraan pendidikan keluarga,” tuturnya.

Menurut Warsono, bicara tentang bagaimana peran keluarga terhadap pendidikan. Banyak orang bisa bicara. Tapi bicara secara sistemik, terstruktur dan tersistem itu yang sulit.

“Makanya, saya berharap dengan bimtek ini. Nantinya mereka (peserta) akan bisa berbicara memberikan pencerahan secara sistematis tentang urgensi peran keluarga di dalam pendidikan,” terangnya.

Selama ini, lanjut Warsono, memang kita sudah secara stimultan dalam berbagai kegiatan. Kita sudah mendorong peran keluarga, peran masyarakat untuk ikut andil di dalam pendidikan.

“Tetapi sudah barang pasti belum ada bimtek. Pengetahuan teman-teman, pengetahuan kita masih terbatas, sehingga dengan bimtek kita berharap semakin detail pemahamannya,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut Warsono, melalui bimtek ini, kita berharap para peserta semakin detail pemahamannya sehingga bisa diterapkan dan dijalankan di masyarakat dan di satuan pendidikan.

Menurut Warsono, peran serta wali murid sangat penting untuk memastikan anak didik kita tumbuh menjadi orang yang punya karakter positif atau tidak.

Dijelaskan Warsono, pendidikan dasar yang menjadi kewenangan kabupaten/kota memang garis benang merah kebijakannya ada pada penumbuhan budi pekerti.

“Tidak ada artinya jika karakter tidak bagus. Saya pikir yang diperlukan oleh bangsa ini adalah orang-orang yang memiliki budi pekerti yang baik,” katanya.

Warsono berharap kedepan kegiatan ini terus berkesinambungan. Peserta bimtek tidak hanya di kalangan satuan pendidikan. Bahkan nanti pesertanya dikembangkan ke wali murid termasuk masyarakat.

Hal senada juga diungkapkan, Kabid Paud dan Pendidikan Masyarakat, Drs Sukarno Sugiyanto, MM, melalui bimtek ini diharapkan peserta dapat mempersiapkan dan meramu agar pendidikan keluarga bisa diterapkan di sekolah.

“Peran serta keluarga (wali murid) juga sangat dibutuhkan. Betul-betul menyatu dengan satuan pendidikan sehingga tujuan pendidikan nasional menciptakan anak-anak yang bertawakal, beriman dan berkarakter itu bisa selaras,” ungkapnya.

Menurut Sukarno, satuan pendidikan tanpa adanya pendidikan keluarga dari keluarga masing-masing sesuatu yang sangat berat. Apalagi jaman IT,  jika jika tidak diawasi dan dibatasi, anak-anak kita bisa bersifat yang mungkin cenderung ke arah negatif.

“Dengan adanya bimtek ini akan memberikan pemahaman dan pencerahan bagi pendidik yang ada di Cilacap dalam menyelenggarakan pendidikan keluarga di masing-masing sekolah,” pungkasnya. //Wd.