Sabtu, 14 April 2018 - 19:38:31 WIB
KPU Kota Banjar Gelar Rapat Koordinasi Jelang Debat Publik Pilwalkot
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 60 kali

Banjar - Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Mukhlis pimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) jelang debat publik pasangan calon walikota dan calon wakil walikota yang bertempat di Aula KPU Kota Banjar, Jumat (13 April 2018).

Hal tersebut dilakukan untuk persiapan dalam debat publik calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 April 2018 di Graha Banjar Idaman (GBI) Kota Banjar.

Hadir pada rapat koordinasi, Kapolres Banjar yang di wakili oleh Wakapolres Kompol Drs. Ade Najmuloh dan Kabag Ops Kompol Shohet, S.H., M.H., Dandim 0613 Ciamis, dan pihak Penyedia Jasa Radar TV Tasikmalaya serta tim pemenangan pasangan calon nomor urut 1 dan 2.

Menurut Dani, debat kandidat sudah direncanakan tanggal 25 April 2018 pukul 19.00 WIB. Untuk persiapannya, kita adakan rapat koordinasi dengan mengundang tim pemenangan masing-masing paslon, penyedia jasa dari radar tv, dan unsur keamanan dari TNI-Polri.

“Konsep dan formulasi debat publik belum kita simpulkan. Dalam rapat ini, kita sampaikan pandangan-pandangan dari penyedia penyelenggara (KPU), dari tim paslon dan tim keamanan. Kedepan kita adakan rakor lanjutan dalam mematangkan konsep dan formulasi kegiatan debat publik,” ujar Dani.

Saat ini, lanjut Dani, KPU belum bisa memutuskan jumlah peserta yang diperbolehkan masuk ruangan atau yang boleh masuk area di debat publik. “Namun jika kita lihat dari PKPU No 4 tahun 2017, KPU bisa menghadirkan undangan dalam jumlah terbatas namun aspek keamanan harus dipertimbangkan,” terangnya.

Menurut Dani, KPU mempunyai konsepsi, seluruh undangan ini harus mewakili seluruh unsur komponen masyarakat, tokoh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda. “Semua akan kita undang untuk menghadiri langsung debat publik. Jadi undangan yang disiapkan itu mencerminkan dari simpul simpul masyarakat tidak ada yang terlewat,” ungkapnya.

Dijelaskan Dani, pada acara debat publik, KPU akan mempersiapkan tenda untuk masyarakat yang akan menyaksikan jalannya debat public. Disamping itu untuk menyebarluaskan debat publik, KPU akan menyiarkan lansung acara debat publik melalui siaran langsung di Radar TV Tasikmalaya.

“Kita siapkan LiveStreaming, kemudian di share di akun akun Facebook, media sosial KPU. Selain itu nanti juga ada penayangan langsung dan nobar di setiap PPK dan PPS se Kota Banjar,” terangnya.

Sementara itu Wakapolres Ade Najmuloh menjelaskan, keamanan mutlak menjadi tanggung jawab pihak kepolisian yang didukung juga dari TNI. Dalam pengamanan itu kami akan melibatkan dua ratus personel Kepolisian

“Kami akan membuat rencana pengamanan baik pengamanan terbuka maupun pengamanan tertutup yaitu pengamanan di jalur perparkiran,” terangnya.

Menurut Wakapolres, pengamanan debat publik akan dibagi dalam tiga ring yaitu ring 1, ring 2 dan ring 3 serta disiapkan pengamanan escape atau evakuasi. Pengamaan escape ini untuk mengatisipasi apabila terjadi hal-hal yang krusial di luar dugaan.

Dijelaskan Wakpolres, untuk memastikan keamanan dan kelancaran jalanya acara debat publik, pada H - 1 akan dilakukan sterilisasi sebelum dimulai gladi atau simulasi debat publik yang dihadiri oleh semua pihak yang terlibat.

Selain dari kepolisian, kegatan pengamanan acara debat kandidat ini juga akan melibatkan dari satuan TNI dari Kodim Ciamis dan Batalyon Raider 232. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan acara debat kandidat Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjar, sehingga menghasilkan pesta demokrasi yang berkualitas dan bermartabat. //Yuli.