Sabtu, 14 April 2018 - 02:07:58 WIB
Polres Banjar Amankan Lima Tersangka dan 394 Liter Oplosan
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 70 kali

Banjar - "Jajaran Polres Banjar telah berhasil mengamankan lima tersangka beserta 394 liter dan 43 botol minuman oplosan jenis tuak dan ciu," terang Kapolres Banjar, AKBP Matrius usai giat silaturahmi bersama awak media Kota Banjar di RM. Beti, jalan Raya Banjar-Pangandaran, Desa Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (12 April 2018).

Saat ini, lanjut Matrius, pihaknya telah membentuk tim gabungan Sapu Bersih Munuman Keras (Saber Miras) guna mengambil penindakan secara massif. Tim saber miras ini, merupakan tim gabungan terdiri dari personil Polres dan Polsek, masing masing bertugas disetiap zona yang ada di Kota Banjar. Diantaranya zona Pataruman, zona Langensari, zona Banjar dan zona Purwaharja.

Menurutnya, miras pabrikan kandungan alkoholnya itu sudah jelas lewat hasil pemeriksaan sekitar 5% dan tidak sampai 40%. Marak beredarnya miras oplosan yang kandungan alkoholnya mencapai 40% itu diluar tanggung jawab Dinas Kesehatan. "Bahkan kandungan alkoholnya juga terdapat zat yang berbahaya, maka sangat bahaya jika di konsumsi," kata Kapolres.

Matrius menegaskan, miras oplosan ini saking bahayanya sudah banyak memakan korban. Walaupun untuk diwilayah hukum Kota Banjar belum ada laporan korban jiwa, tetapi untuk antisipasi perlu ditingkatkan. "Diwilayah lain khususnya di wilayah Propinsi Jawa Barat, bahkan sudah memakan korban sekitar 50 orang yang tewas akibat miras oplosan tersebut," pungkasnya.

Giat silaturahmi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Banjar, AKBP Matrius dengan didampingi oleh Waka Polres Banjar, Kompol Ade Najmuloh diikuti oleh Jajaran Kasat Polres Banjar dan awak media Kota Bajar yang terdiri dari media cetak, televisi dan online.//heru.