Rabu, 11 April 2018 - 21:38:32 WIB
Siapkan Penggiat Anti Narkoba di Kalangan pelajar
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 121 kali

Cilacap - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap melaksanakan kegiatan pengembangan kapasitas dalam upaya pemberdayaan masyarakat anti narkoba di lingkungan pendidikan, di Pantai Sodong Cilacap, Selasa (10 April 2018).

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk para penggiat anti narkoba di kalangan pelajar agar nantinya mereka mampu menjadi perpanjangan tangan BNN Kabupaten Cilacap dalam melakukan pencegahan dan deteksi dini penyalahgunaan narkotika di lingkungan sekolah.

Pengembangan kapasitas dalam upaya pemberdayaan masyarakat anti narkoba di lingkungan pendidikan dibuka langsung oleh Kepala BNN Kabupaten Cilacap AKBP. Drs. Triatmo Hamardiyono, M.Si dan diikuti 30 pelajar tingkat SMP yang didampingi para guru dari perwakilan 5 SMP di Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNN Kabupaten Cilacap Drs. Triatmo Hamardiyono ,M.Si menyampaikan materi tentang kebijakan pemerintah dalam upaya P4GN dan bahaya penyalahgunaan narkoba serta memberikan motivasi kepada peserta agar terhindar dari penyalahgunaan narkotika.

Para peserta juga dibekali materi tentang teori dan pratek publik speaking yang disampaikan Penyuluh Narkoba Pertama BNN Kabupaten Cilacap, Raras Ambororetno, S.Sos.

Dalam kesempatan tersebut, Raras memberikan tentang materi publik speaking dan memandu "ice breaking"  serta menyampaikan sosialisasi melalui game interaktif kepada peserta agar lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan.

Selain dibekali tentang pemahaman P4GN dan publik speaking, para peserta juga mendapat pelatihan bagaimana cara menyusun rencana dalam menyampaikan pesan-pesan anti narkoba di sekolah masing-masing. Pelatihan penyusunan rencana aksi  tersebut dipandu oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Cilacap Parwito, S.Sos, MM. 

Melalui kegiatan ini diharapkan agar calon penggiat anti narkoba memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan-pesan anti narkoba, menyusun rencana aksi P4GN yang akan diimplementasikan di lingkungan sekolah masing-masing sehingga sehingga tercipta lingkungan sekolah yang terbebas dari penyalahgunaan narkotika. //Wd.