Kamis, 05 April 2018 - 12:15:53 WIB
KPU Banjar Gelar Rapat Kerja Sinkronisasi Data Pemilih Dengan ODP
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 149 kali

Banjar - Guna mensinkronisasikan data pemilih saat Pilkada 2018, KPU Kota Banjar lakukan rapat kerja dengan Operator Data Pemilih (ODP). Rapat tersebut dilakukan di ruang pertemuan KPU Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (4 April 2018).

Rapat kerja tersebut diikuti 4 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan sebanyak 25 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Banjar.

Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis menuturkan bahwa rapat kerja malam hari ini, untuk melihat progress hasil perekaman keliling KPU Kota Banjar saba desa.

Menurutnya, sesuai dengan DPS terdahulu, sebanyak 3773 jiwa belum perekaman dan sampai sejauh ini dilihat ada data kurang lebih 2000 jiwa masyarakat pemilih yang tadinya termasuk dalam data belum perekaman menjadi sudah masuk dalam data perekaman melalui kegiatan keliling desa dan kelurahan.

Lebih lanjut, Dani menjelaskan sinkronisasi data by name by address kemudian NIK untuk ditindaklanjuti esok hari. Karena esok hari akan dilakukan rapat yang sama tingkat provinsi.

"Mudah-mudahan setelah dari Bandung kita ada hasil yang lebih riil dan faktual lagi, kalaupun ada masyarakat yang belum masuk DPT, lanjut dan, itu masih bisa masuk jadi pemilih. Pada prinsipnya sesuai UU dan PKPU sepanjang dia sudah perekaman sekalipun dia tidak terdaftar di DPT, asalkan pada saat hari H nanti bisa menunjukan e-KTP atau surat keterangan itu, dia masih bisa memilih," jelas Dani.

Dani menegaskan KPU Kota Banjar akan mengupayakan agar seluruh masyarakat Kota Banjar yang sudah memiliki hak pilih, punya e-KTP, dan sudah memenuhi syarat menjadi pemilih itu bisa masuk semua di DPT.

"Itu target kita, tapi secara faktual di Lapangan nanti kalaupun ada masyarakat yang belum terdaftar di DPT sepanjang dia memiliki e-KTP Banjar itu masih bisa," tegas Dani.//Yuli.