Selasa, 03 April 2018 - 12:23:17 WIB
Sokaraja Olih Dewadaru
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Budaya - Dibaca: 177 kali

Dewadaru adalah jenis tanaman langka yang dalam cerita pewayangan, tumbuh di negeri para dewa yaitu kayangan. Dewadaru merupakan cerita lama masyarakat Jawa yang kaya akan nilai luhur, tetapi sudah mulai ditinggalkan. Hal tersebut diucapkan Purjito Camat Sokaraja, saat ditemui PAMOR di ruang kerjanya, Selasa (6 Maret 2018) lalu.

Menurutnya, dalam khasanah Jawa, Dewadaru itu penuh dengan nuansa sakral yaitu sebuah wahyu yang turun dari sang pencipta. Maka ketika tanaman ini tumbuh di bumi nusantara, tentunya itu merupakan sebuah anugrah dari sang pencipta untuk umat manusia.

"Jadi ya sebagai warga masyarakat Banyumas kita sangat bersyukur, karena Kecamatan Sokaraja mendapatkan Dewadaru, dan itu berkah yang sangat luar biasa," ucap Purjito.

Munculnya Dewadaru di Kecamatan Sokaraja, diungkapkan Purjito saat memberikan tanggapan tentang diselenggarakannya pentas kesenian Dalang Jemblung dengan lakon Olih Dewadaru yang akan digelar pada Tanggal 21 April mendatang. Olih Dewadaru akan menambah khasanah budaya Banyumas, disisi budaya-budaya lokal lainnya.

Dikatakan pula bahwa, setiap manusia memang berbeda - beda dalam mengartikan budaya, seperti halnya dengan pohon Dewadaru yang beberapa kalangan masyarakat Jawa diyakini memiliki energi dan khasiat bagi tertentu. Namun, terlepas dari nilai-nilai budayanya, Dewadaru tentu menjadi bagian dari kelestarian alam yang wajib dijaga.

Dewadaru sebagai bagian dari kelestarian alam adalah sumber kehidupan yang saling berkait dalam mendukung kehidupan manusia yang terus bertambah, asalkan manusia mampu mengejawantah, dan memanfaatkannya dengan baik.

Olih Dewadaru tentunya buka untuk para pelaku seni dalang jemblung saja, tetapi juga untuk para penonton beserta seluruh masyarakat Sokaraja dan Banyumas pada umumnya. Diharapkan turunnya Dewadaru kali ini akan membawa Banyumas gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo.//ipung