Jumat, 23 Maret 2018 - 22:06:15 WIB
Melalui Jambanisasi, Danramil 07/Maos Kerahkan Babinsa Wujudkan Hidup Sehat
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 282 kali

Cilacap - Koramil 07/Maos melalui para Babinsanya membangun jambanisasi di desa Ketanggung, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Jumat (23 Maret 2018)

Komandan Koramil 07/Maos Kapten Inf Joko Yunanto menjelaskan, jambanisasi dibangun hampir di setiap desa yang ada di wilayah Koramil 07/Maos. Koramil Maos membawahi dua Kecamatan, yakni Maos dan Kecamatan Sampang yang terdiri dari 20 desa.

Dijelaskan Danramil, pembangunan jamban secara cuma-cuma dikomandoi oleh para Babinsa bersama warga setempat. Kini warga diharapkan tidak lagi BAB  sembarangan. “Kita khawatir datang penyakit musiman seperti  muntaber, apabila tidak ada Jamban, maka dikhawatirkan penularan penyakit melalui kotoran akan menjadi ancaman,” terang Kapten Joko.

Dia menambahkan, setelah dibangun jamban semua warga sudah memanfaatkan jamban yang dibangun oleh TNI bersama rakyat. Dengan begitub dapat mengurangi ancaman berbagai penyakit menular yang bisa ditularkan melalui kotoran manusia yang dibuang tidak pada tempatnnya.

Sementara Kades Ketanggung, Pramono menyampaikan, disisi lain warga Desa Ketanggun mengaku sangat bersyukur dapat bantuan pembangunan jamban melalui program jambanisasi dari TNI Kodim 0703/Cilacap melalui Koramil 07/Maos. “Jamban ini hadiah dari TNI untuk warga desa kami,” katanya.

Pramono menambahkan, saat ini hampir memasuki musim kemarau.Sedangkan aktivitas warga ketika bab banyak di sungai. Dengan adanya jambanisasi ini sangat membantu rakyat dalam membudayakan hidup bersih dan sehat.

Pembuatan jamban ini memang untuk memotivasi warga  dalam menjaga kesehatan lingkungan.

Untuk memberikan pemahaman kepada warga tentang  pentingnya jamban, TNI langsung memberikan contoh bagaimana cara membuat jamban yang memenuhi standar sehingga layak digunakan. //**