Kamis, 22 Maret 2018 - 23:37:18 WIB
Tingkatkan Kemampuan Penggiat Anti Narkoba
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 405 kali

Cilacap - Peredaran narkoba saat ini telah menjadi ancaman yang sangat serius dan memprihatinkan bagi bangsa Indonesia.Apalagi belakangan ini kasus narkoba cukup marak diungkap ke publik.

Menyikapi ancaman tersebut, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupten Cilacap menyelenggarakan kegiatan pengembangan kapasitas di Instansi Pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat anti narkoba, Kamis (22 Maret 2018) di Ruang Widarapayung Hotel Mutiara Cilacap.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan calon penggiat anti narkoba tentang pengetahuan dan pemahaman mengenai P4GN dalam pembinaan dan pelatihan, dengan harapan akan tumbuh pemahaman, kesadaran, dan keterlibatan dalam bidang P4GN.

Kegiatan pengembangan kapasitas di Instansi Pemerintah dibuka langsung oleh Kepala BNN Kabupaten Cilacap AKBP. Drs. Triatmo Hamardiyono, M.Si dan diikuti 30 peserta dari perwakilan Instansi Pemerintah yang ada di wilayah Cilacap.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya dari Sekretariat DPRD Cilacap, Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cilacap, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Cilacap, Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, BPBD Kabupaten Cilacap, Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah Kabupaten Cilacap, Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap, LP Besi Nusakambangan, dan UPBU Tunggulwulung.

Dalam kesempatan itu, Kepala BNN Kabupaten Cilacap AKBP. Drs. Triatmo Hamardiyono, M.Si menyampaikan materi tentang aspek hukum P4GN. Sementara itu, Gentur Widyo Sasono, SH., MM selaku Penyuluh Narkoba Ahli Madya  memaparkan materi tentang adiksi dan rehabilitasi narkoba.

Dalam kegiata itu, para peserta juga dibekali materi tentang teori dan pratek publik speaking yang disampaikan oleh Erna Juliana selaku Praktisi Public .

Selain dibekali tentang pemahaman P4GN, mereka juga dibimbing untuk bisa menyusun rencana aksi P4GN dalam menyampaikan pesan-pesan anti narkoba di instansi masing-masing. Bimbingan penyusunan rencana aksi tersebut dipandu Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Cilacap Parwito, S.Sos, MM. 

Melalui kegiatan ini diharapkan agar calon penggiat anti narkoba memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan-pesan anti narkoba, menyusun rencana aksi P4GN yang akan diimplementasikan di lingkungannya masing-masing. Disamping itu bisa mewujudkan peran serta masyarakat yang secara mandiri, sukarela, dan berkelanjutan dengan mensosialisasikan P4GN. //Wd.