Kamis, 15 Maret 2018 - 16:13:15 WIB
Perpustakaan Daerah Banyumas Miliki 59.313 Eksemplar Buku
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 270 kali

Purwokerto - Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Banyumas pada akhir Tahun 2017 memiliki koleksi sebanyak 59.313 eksemplar buku dengan 27.635 judul. Buku-buku tersebut dengan beragam klasifikasi antara lain, filsafat dan psikologi, agama, ilmu sosial, bahasa, ilmu murni, ilmu terapan, kesenian dan olahraga, sastra, sejarah dan geografi serta karya umum lainya.

Sekretaris Dinas Arpusda Ida Nyoman Sari mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kunjungan ke perpustakaan dangan cara aktif dalam mempromosikan program gemar membaca, dan pada Tahun 2017 setidaknya sebanyak 64.086 orang pengunjug.

Sementara Kabid Perpustakaan Parsono mengatakan pengunjung dapat meminjam maksimal 2 buku selama satu minggu tanpa dipungut biaya. Hanya saja untuk koleksi buku referensi yang ada, tidak dapat dipinjam hanya boleh difotokopi.

Untuk dapat melakukan pinjaman, harus mendaftar menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu. Keanggotaan berlaku selama satu tahun, dan dapat diperpanjang. Keanggotaan juga hanya berlaku untuk warga Banyumas, hal ini untuk menghindari buku tidak kembali. 

Parsono mernambahkan untuk pelayanan Perpustakaan dilayani dari pukul 07.30 sampai dengan 18.00 setiap hari, kecuali Hari Minggu dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00, sedangkan Hari Besar/Libur Nasional tutup. 

Selain memberi layanan menetap di kantor, Perpustakaan juga ada layanan keliling dengan menggunakan layanan 3 Unit Mobil dan 2 Unit Motor untuk melayani masyarakat yang jauh dan tidak terjangkau oleh layanan di kantor. Mobil dan motor perpustakaan keliling ini beroperasi sesuai dengan jadwal dan permintaan masyarakat.

Walupun fasilitas cukup bagus, rata-rata pengunjung setiap hari sekitar 183 orang di tahun 2017, dan untuk tahun 2018 meningkat sekitar 200 pengunjung.