Sabtu, 10 Maret 2018 - 00:24:42 WIB
Bangun Kesadaran Masyarakat dalam Berkendara
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 357 kali

Cilacap - Seiring meningkatnya jumlah pengendara membuat risiko kecelakaan pun semakin tinggi. Menyikapi dan mengantisipasi hal tersebut, Satuan lalu lintas Polres Cilacap secara intens menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas pada saat berkendaraan di jalan raya.

Dalam rangka menyampaikan himbauan tersebut, Satuan lalu lintas Polres Cilacap melaksanakan Diktum (Pendidikan masyarakat lalu lintas tujuh menit) di Masjid Al-Falah yang terletak di Desa Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (09 Maret 2018).

Sebelum khotbah Jumat, Ipda Khamami beserta anggota Dikyasa lantas Polres Cilacap memberikan Diktum kepada para jamaah sholat Jumat melalui pesan-pesan Kamseltibcar Lantas diantaranya tujuh skala prioritas keselamatan lalu lintas yang harus ditaati, tanggung jawab orang tua terhadap pengawasan kepada anak-anak yang masih di bawah umur agar tidak diberikan ijin menggunakan kendaraan bermotor.

“Sinergitas antara Ulama dan Umaro (dalam hal ini Kepolisian) sangat diperlukan dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang selaras antara kepentingan dunia dan akherat dalam rangka mewujudkan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas,” tutur Ipda Khamami.

Para jamaah juga dijelaskan tentang bahayanya penggunaan Handphone saat berkendara serta pentingnya peran para Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat dalam rangka membantu menyampaikan pesan-pesan Kamseltibcar Lantas kepada masyarakat dan keluarga.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka kegiatan pre-emtif pada pelaksanaan Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018, sekaligus menindaklanjuti perintah dan kebijakan Kapolri tentang upaya mendekatkan diri antara Polri dan Ulama.

Secara terpisah, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto menuturkan bahwa kegiatan Diktum yang dilakukan  wujud kedekatan Polri dengan Ulama. Hal itu merupakan bentuk community Policing dibidang lalu lintas sebagai filosofi dan strategi menuju Polri Profesional, modern dan terpercaya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan semacam ini diharapkan akan dapat mengurangi dan menekan fatalitas kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas.

“Ini merupakan kepedulian Polri terhadap Keselamatan Lalu Lintas untuk seluruh lapisan masyarakat termasuk masyarakat dilingkungan pedesaan,” pungkas Kapolres. //**