Minggu, 04 Maret 2018 - 02:11:32 WIB
Jelang Pilkada Serentak, Panwaslu Kota Banjar Gelar Bimtek
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 150 kali

Banjar - Jelang Pilkada serentak Tahun 2018, Panwaslu Kota Banjar gelar Bimbingan Teknis (Bimtek). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya penguatan pemahaman tentang penanganan dan mengantisipasi akan pelanggaran pada Pilkada serentak Tahun 2018.

Sebanyak 12 peserta mengikuti Bimbingan Teknis yang akan dilaksanakan selama 2 hari di Rumah Makan Citra, Jl. Batulawang, Cikabuyutan Barat, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu, (3 Maret 2018).

Saat ditemui awak media, Ketua Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kota Banjar, Rudi Ilham menuturkan kegiatan ini dilakukan untuk menguatkan pemahaman tentang penanganan dan bagaimana cara penindakan jika terjadi pelanggaran dilapangan.

“Kalau sampai hari ini, jenis pelanggaran lebih ke ranah adminstrasi,” katanya.

Lebih lanjut, Rudi menyampaikan Panwaslu Kota Banjar mengaku kesulitan dalam mengungkap pelanggaran yang berupa politik uang. Sebab untuk mencari bukti adanya politik uang tersebut harus cermat dan tepat.

“Tugas sebagai panwas memang sangat berat, terutama dalam hal pengungkapan dan pembuktian  pelanggaran berupa politik uang,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pembuktian terjadinya politik uang ini ialah kesiapan dari para saksi untuk berbicara di persidangan. Sedangkan para saksi secara aturan di Panwaslu tidak diatur perlindunganya.

Kalaupun ada laporan yang masuk ke Panwaslu mengenai politik uang, jelas Rudi, saksi tidak harus takut, karena kita bisa meminta kepada lembaga perlindungan saksi sehingga tetap terjamin keselamatanya.

Rudi menambahkan Kami telah mengendus bagaimana pola dan cara terjadinya politik uang. Seandainya nanti terbukti, maka pemberi dan penerima akan dijerat hukuman pidana.

Kalaupun nantinya terjadi pelanggaran, Rudi berharap Pilkada serentak Tahun 2018 Kota Banjar tetap berlangsung aman, tertib dan damai. Sehingga Kamtibmas Kota Banjar bisa selalu terjaga.//Heru.