Senin, 26 Februari 2018 - 15:17:00 WIB
Bulan Dana PMI Banyumas Berhasil Kumpulkan 1,23 M
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 143 kali

Purwokerto - Panitia Bulan Dana PMI 2017 Kabupaten Banyumas berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1,23 M lebih. Acara secara simbolis telah dilakukan beberapa waktu lalu dari Ketua Harian Panitia Bulan Dana PMI, Wahyu Budi Saptono (Sekda Banyumas) kepada Plt Bupati Banyumas Budhi Setiawan selanjutnya diserahkan kepada Ketua Pengurus PMI Banyumas Dibyo Yuwono.

Saat dihubungi, Senin (26/2), Wahyu Budi Saptono mengatakan terjadi kenaikan cukup signifikan pada penggalangan dana PMI Tahun ini. Dimana pada tahun 2016 dapat memperoleh dana Rp 781.179.508 dan tahun 2017, memperoleh dana Rp 1 238 179 905 atau naik 46 %. 

Menurutnya bulan dana PMI sebagai upaya peningkatan kesetiakawanan sosial masyarakat serta menggalang dana dalam rangka meringankan penderitaan sesama manusia.

Selaku ketua harian, Wahyu penerapkan berbagai upaya untuk meningkatkan perolehan bulan dana itu, baik secara administrasi, himbauan moral serta mensosialisasikan program. Secara administrasi dirinya membentuk 256 unit pengumpul dana, yang terbagi di instansi pemerintah, perbankan, perhoteltan, ormas dan beberapa perusahaan.

Agar para pengumpul tidak ragu-ragu, juga telah dikeluarkan aturan Bupati tentang bulan dana PMI di Kabupaten Banyumas. Selain itu pihaknya selalu mengajak dan mengetuk hati dermawan untuk mau menjadi pejuang kemanusiaan, dengan melibatkan semua Unit Pengumpul Bulan Dana PMI, Forum Komunikasi Dermawan Darah (Fokuswanda) dan seluruh stakeholder. Bahkan dalam beberapa sosialisasi Wahyu mengajak orang untuk berlomba bersedekah lewat PMI agar memperoleh banyak kebaikan.

Ditempat terpisah Ketua PMI Banyumas Dibyo Yuwono, merasa bersyukur bulan dana PMI tahun ini meningkat. Dibyo memastikan hasil bulan dana PMI nantinya akan digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan. Misalnya, untuk pelayanan bencana alam, pendidikan, ambulans, pelatihan dan kegiatan sosial lainnya.

Walaupun operasional markas PMI cukup tinggi namun sesenpun tidak diambilkan dari kegiatan bulan dana PMI. Dana operasional Markas diambil dari hasil usaha klinik pelayanan kesehatan serta Unit Donor Darah.