Rabu, 14 Februari 2018 - 13:47:01 WIB
Koramil 09/ Kawunganten Berperan Aktif Membangun Desa di Wilayah Binaannya
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 95 kali

Cilacap - Demi menjaga sinergitas kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Babinsa Koramil 09/ Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap bersama masyarakat RT. 02, 03 dan RT. 04 RW. 05 di wilayah binaan dusun Sidamulya, Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten selalu berperan aktif untuk membantu pembangunan desa, dengan menyengkuyung pengecoran jalan, Selasa (13 Febuari 2018).

Dalam keterangannya, Danramil 09/ Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. S. U. Suwarjono membenarkan, bahwa Babinsa Ujungmanik Sertu Mulyanto dalam melaksanakan tugasnya di wilayah binaannya tersebut selalu berperan aktif membantu  masyarakat. Seperti yang dilakukannya Babinsa membantu pengecoran jalan.

Menurutnya, selama ini masyarakat Desa Ujungmanik sudah bekerja keras melakukan pembangunan pengecoran jalan, bahkan sampai dilembur, "Mumpung jalannya diperbaiki kami siap untuk bekerja siang malam," terangnya.

Melihat kondisi jalan di Desa Ujungmanik pada umumnya  memang masih banyak yang memperihatinkan. Hal ini terjadi karena memang banyaknya kondisi jalan yang rusak dan keterbatasan anggaran, sehingga pemerintah Desa Ujungmanik belum mampu memperbaiki. 

Danramil Kawunganten  berharap dengan kehadiran TNI (Babinsa) dari Koramil 09/ Kawunganten dan juga  Bhabinkamtibmas Polsek Kawunganten, bisa untuk membantu meringankan beban  pekerjaan masyarakat, sekaligus menjaga sinergitas antara TNI - Polri dan Rakyat. "Dengan bersatu padu pekerjaan seberat apapun akan ringan dan cepat diselesaikan," kata Danramil.

Selain itu, lanjut Danramil semoga kedepan jalan-jalan di Desa Ujungmanik bisa diperbaiki semua, sehingga taraf hidup warga masyarakat Desa Ujungmanil semakin meningkatkan.

Sementara itu, menurut Kepala Desa Ujungmanik Sugeng melalui Ketua TPK Desa Ujungmanik dan sekaligus Staf Kasi Kesejahteran Rakyat (Kesra) Dwi Purwanto mengatakan, pembangunan pengecoran jalan (Rabat beton) di wilayah RT. 02, 03 dan 04 RW. 05 Dusun Sidamulya ini  menggunakan anggaran dana  bantuan khusus ( Bansus) Provinsi Jawa Tengah tahun 2017.

“Dana anggaranaya sebesar Rp. 150 juta, dengan volume jalan sepanjang 1000 meter, lebar jalan 150 Centimeter dan ketebalan 10 Centimeter,” terang Dwi Purwanto. Meskipun sewa kelola, lanjut Dwi, tetapi untuk tenaga semua mutlak dari swadaya masyarakat setempat, karena sesuai aturan dana Bansus tidak boleh untuk membayar pekerja tetapi hanya untuk membeli material.

Atas nama warga Desa Ujungmanik, Dwi Purwanto mengucapkan terimakasih kepada Koramil 09/ Kawunganten yang selalu berperan aktif dalam pembangunan di wilayah binaannya, sehingga masyarakat tetap termotivasi dan tetap semangat. //Wd/Pendim.