Jumat, 09 Februari 2018 - 23:00:10 WIB
Wisata Religi di Gunung Srandil
Diposting oleh : Heru
Kategori: Jendela Wisata - Dibaca: 232 kali

Bukit kecil nan rimbun di pesisir pantai Selatan yang dikenal dengan nama Gunung Srandil menyimpan banyak misteri di dalamnya. Sedikitnya ada tujuh nama pepunden di tanah Jawa yang dipercaya bersemayam disana. Tempat yang dikenal dengan kesakralannya tak pernah sepi dari pengunjung terutama pada hari-hari baik dalam penanggalan Jawa. Meskipun umumnya pengunjung yang datang tujuannya untuk berziarah, tetapi tidak sedikit pula pengunjung yang datang sekedar untuk berwisata karena penasaran dengan cerita yang mereka ketahui tentang "Gunung Srandil".

Sepertinya tidak jauh berbeda dengan tempat wisata religi yang lain, Gunung Srandil hanya sebagai sareat saja karena doa tetap ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Demikian sebuah kearifan lokal yang sudah ada sejak zaman dahulu yang masih dijalankan secara turun temurun. Tentunya bagi mereka yang masih memercayai dan memegang kuat tradisi budaya leluhur.

Terletak di pesisir pantai Selatan tepatnya di Desa Glempang Pasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Gunung Srandil berada dibawah naungan Kodam IV/Diponegoro yang dikelola oleh DENSIBANG (Detasemen Seni dan Bangunan). Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan sarana ibadah berupa Musholah yang saat itu Jumat, (9 Februari 2018) sedang dibersihkan oleh beberapa anggota Koramil 08/ Adipala dalam rangka kunjungan Pangdam IV/ Diponegoro. Sebelumnya diinformasikan bahwa kunjungan Pangdam pada 12-14 Februari 2018, belakangan diinformasikan kembali bahwa kunjungan tersebut ditunda menjadi tgl 22 – 24 Februari 2018 mendatang. //sp