Selasa, 06 Februari 2018 - 14:11:35 WIB
200 Pramuka Penegak Ikuti Gladi Widya Ksatria Kendalisada
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 2 kali

Banyumas - Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas Drs Achmad Supartono M.Si membuka perkemahan Gladi Widya Ksatria Kendalisada (GWKK) Tahun 2018. Pembukaan GWKK dilaksanakan di Lapangan Bumi Perkemahan Kendalisada Kalibagor Kabupaten Banyumas, Senin (5 Februari 2018) lalu.

Walaupun diguyur hujan, upacara pembukaan berjalan dengan lancar, para peserta menggunakan pelindung seadanya walaupun air hujan tetap membasahi seragam Pramukanya. Bahkan penari dari Pramuka SMA N 1 Purwokerto rela berbasah-basah dan tetap bersemangat menampilkan persembahan tari sebagai pembuka.   

Dalam sambutanya Ketua Kwarcab Achmad Supartono mengatakan bahwa kegiatan pramuka telah terbukti dan diakui sebagai salah satu wadah pembentuk karakter generasi muda. Hal itu terbukti dengan suasana hujan seperti sekarang, para peserta, panitia dan peraga lainya dapat menyeseuaikan situasi yang ada.

Ketua Kwarcab juga meminta peserta kegiatan Gladi Widya Ksatria Kendalisada untuk mengedepankan persaudaraan, kebersamaan, kepedulian, dan keikhlasan meski dalam kegiatan ada unsur kompetisi.

Sementara itu Hanifah Tri Kinanti, selaku ketua panitia mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan GWKK adalah sebagai wahana evaluasi untuk melihat kualitas pramuka Penegak di wilayah Kwartir Cabang Banyumas.

Kegiatan diikuti oleh 11 sangga putra dan 9 sangga putri, masing masing sangga 10 peserta, sehingga total peserta sebanyak 200 orang. Mereka didampingi Pembina Pendamping.

Lebih lanjut Hanifah mengatakan ada berbagai jenis lomba yang dilaksanakan antara lain Lomba Scouting Skill, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Teknologi Tepat Guna, Lomba New Presenter, Lomba Saliro Busono, Lomba K3 Perkemahan, Lomba Tertib Administrasi dan Lomba Cerdas Tangkas Pramuka.

GWKK ini dilaksanakan hingga Kamis (28/2) mendatang. Kegiatan GWKK juga merupakan seleksi, dimana Juara  I putra maupun putri, akan mengikuti kegiatan yang sama ditingkat provinsi yaitu Gladi Widya Cakra Adi Birawa pada tanggal 1-5 Mei 2018 di Semarang. 

Upacara pembukaan perkemahan Gladi Widya Ksatria Kendalisada (GWKK) ini ditutup dengan penampilan musik kenthong dari Pramuka Pandega Racana Sunan Kalijaga Cut Nyak Dien pangkalan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.