Sabtu, 03 Februari 2018 - 13:14:13 WIB
Hama Wereng Coklat Menyerang, Babinsa Koramil Kawunganten Turun Lakukan Penyemprotan
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 121 kali

Cilacap - Guna mengendalikan hama wereng coklat yang mulai menyerang tanaman padi, 3 Babinsa dari Koramil 09/ Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap turun bersama PPL Pertanian Bantarsari, perangkat Desa Cikedondong serta  Kelompok Tani "Margo Mulyo 2" melakukan penyemprotan di lahan sawah Dusun Bojong Gedang, Desa Cikedondong, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jumat (02 Febuari 2018).

Koordinator BP Pertanian Kecamatan Bantarsari melalui PPL Desa Cikedondong Sutrisno, Amd menjelaskan, mengatasi hama ini merupakan penyemprotan yang ke dua setelah diadakan penyemprotan yang pertama sekitar 10 hari yang lalu.

“Penyemprotan kali ini kita lakukan agar penyebaran hama wereng coklat bisa kita kendalikan dan tidak meluas ke lahan sawah yang lain. Apalagi kita lihat bersama, kondisi sawah disini masih dialiri aliran air, sehingga sangat berpotensi terbawa dan menyebar ke tempat lain,” terangnya.

Selain melalui air, menurut Sutrisno penyebaran hama wereng coklat juga bisa menyebar melalui angin. Kita berharap dengan kegiatan pengendalian hama wereng coklat ini, selain membasmi hama yang ada juga mengendalikan penyebaran hama wereng ke wilayah sawah  lain yang belum terserang.

Sementara itu, Danramil 09/Kawunganten Kapten Inf. S.U.Suwarjono melalui Bati Wanwil Sertu Sodirin menyampaikan, hama wereng coklat sangat merugikan para petani karena selain mengurangi hasil panen juga berpotensi menyebabkan gagal panen.

Maka untuk mencegah hal tersebut, Koramil 09/ Kawunganten selalu berkoordinasi dengan PPL setempat untuk selalu memantau perkembangan tanaman padi yang ada diwilayah Kecamatan Bantarsari, sehingga bila ditemukan tanda-tanda adanya organisme pengganggu tanaman (OPT) dapat kita cegah sejak dini.

"Kami berharap tanaman padi ini terhindar dari hama wereng coklat, dan semoga setelah disemprot hasil panen saat ini  bisa lebih baik dari hasil panen sebelumnya,” tuturnya. //Wd/Pendim.