Kamis, 21 Desember 2017 - 21:08:23 WIB
Pasca Bencana Longsor, TNI Bersama Masyarakat Bersihkan Material Longsor
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 477 kali

Cilacap - Pasca bencana tanah longsor yang melanda Dusun Karanggintung RT. 02 RW. 04 Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, TNI Koramil 10/Gandrungmangu bersama masyarakat setempat saling bahu membahu melakukankan karya bhakti pembersihan material longsor, Kamis (21 Desember 2017).

Itensitas hujan yang turun terus menerus terjadi sepekan ini, akibatkan bencana tanah longsor, meskipun tidak memakan korban jiwa. Namun bencana tersebut memporak-porandakan rumah Untung, warga Dusun Karanggintung RT. 02 RW. 04 Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap.

Danramil 10/Gandrungmangu, Kodim 0703/Cilacap Lettu Inf. Agus Wantoro menyampaikan, bencana alam tanah longsor, gempa bumi dan lainnya tidak dapat diprediksi. Oleh sebab itu masyarakat harus tetap waspada. “Kita harus mewaspadai bencana yang kerap terjadi pada saat musim penghujan,” ujarnya.

Bencana tanah longsor yang menerjang Dusun Karanggintung tidak hanya membawa material longsoran seperti tanah saja, namun juga membawa berbagai material dari pepohonan dan material sampah lainnya.

“Untuk itu, Personel Koramil 10/Gandrungmangu diturunkan untuk  membantu warganya melaksanakan kegiatan karya bhakti bersama masyarakat setempat,” tuturnya.

Lettu Inf. Agus Wantoro  juga mengimbau kepada seluruh masyarakat lainnya agar selalu waspada utamanya memasuki musim hujan saat ini, karena wilayah Kecamatan Gandrungmangu  termasuk daerah yang rawan terjadi bencana tanah longsor dan banjir.

“Jangan segan-segan untuk menghubungi Babinsa atau langsung ke Koramil apabila mengetahui di wilayahnya terjadi bencana alam. Anggota TNI Koramil 10/Gandrungmangu siap turun membantu warga masyarakat,” tegasnya.

Kerja bakhti tidak hanya dilakukan TNI dan masyarakat saja. Para Perangkat Desa Karanggintung, Tokoh masyarakat dan LSM BPBN juga turut sengkuyung membersihkan material tanah longsor. //Wd/Pendim.